Karpet merupakan bahan tekstil penutup lantai dan juga menjadi bagian dari dekorasi rumah tangga. Tetapi karpet Yang digelar di lantai dapat menyebabkan tempat berkumpulnya kotoran dan debu, sehingga harus rutin dan teliti untuk membersihkannya. Untuk  membersihkan karpet yang ada di rumah anda, hal seperti ini karpet anda tidak selalu harus dicuci yang dapat menghabiskan banyak air dan tenaga.

Pembersihan karpet tanpa dicuci sebenarnya bukanlah hal yang mustahil untuk anda. Hal ini dikarenakan air lebih penting untuk kehidupan dari pada untuk mencuci karpet, orang tua pun biasanya juga sering menggunakan alat-alat tertentu saat membersihkan karpet atau bisa juga dengan jasa cuci karpet semarang Dira Care .

Maka dari itu, anda jangan terintimidasi dengan tips kebersihan rumah yang sering disarankan mencuci dengan menggunakan air untuk membersihkan karpet. Membersihkan karpet tanpa dicuci biasanya hanya dijemur lalu mengibaskan karpet, jika karpet anda terlalu berat, ada beberapa alat alat sederhana yang biasa digunakan untuk membersihkan karpet tanpa dicuci dengan air.

Tips menggunakan alat-alat untuk membersihkan karpet tanpa dicuci, yaitu:

  1.       Alat sapu

Alat sapu merupakan pembersih jaman dahulu yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam seperti lantai, dan permukaan karpetnya.

Gunakan bagian ujung sapu untuk membantu mengangkat kotoran dan debu dari karpet dengan maksimal. Membersihkan karpet dengan gerakan berulang-ulang agar meminimalisir kerusakan pada permukaan karpet karena gesekan dari ujung sapu.

  1.       Alat pemukul dari bahan rotan

Pemukul dari rotan ini memang sudah umum dimiliki masyarakat. Alat yang bentuknya seperti raket ini sering digunakan untuk memukul-mukul permukaan karpet, bantal, ataupun kasur untuk dibersihkan dari debu dan kotoran.

Jadi anda juga bisa menggunakan pemukul dari rotan ini agar karpet bersih dari kotoran dan debu. Caranya cukup mudah, tinggal gantungkan karpet di halaman luar rumah dan  anda dapat memukul-mukul permukaan karpet agar kotoran dan debu lepas dari karpet.

  1.       Sikat

Selain alat seperti sebelumnya, sikat juga merupakan alat jaman dahulu yang bisa digunakan untuk membersihkan karpet tanpa dicuci.

Agar memudahkan proses bersih-bersih, gantungkan karpet di atas gantungan yang kuat dan kemudian anda dapat menyikat permukaannya dengan sikat yang kaku. Jika ingin melakukan proses ini anda harus melakukannya di halaman luar rumah agar debu tidak mengotori isi rumah dari debu yang berterbangan.

Saat proses bersih-bersih, jangan lupakan satu hal untuk sering-sering menyingkirkan debu dan kotoran yang kemungkinan tersangkut di bulu sikat.

  1.       Gunakan vacum cleaner

Hal utama yang perlu anda lakukan adalah mengangkat debu, serbuk-serbuk dan partikel lainnya dari karpet. Gunakanlah vacuum cleaner untuk menyedot debu, vacuum seluruh bagian karpet sampai ke ujung bagian karpet, hal seperti ini juga dapat mempermudah membersihkan karpet secara tuntas dan menyeluruh pada saat proses pembersihannya.

  1.       Gunakan  baking soda

Jika terdapat noda yang susah dihilangkan pada karpet, padahal anda sudah menggunakan sabun, anda bisa menggunakan baking soda, toppers! Kandungan di baking soda mampu mengangkat kotoran dan noda yang susah dihilangkan tanpa merusak karpet. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan khusus saat membersihkan karpet dengan baking soda agar tangan anda aman saat terkena baking soda.

  1.       Taburi dengan bedak bayi untuk menghilangkan bau

Akibat karpet yang sudah lama tidak dicuci dalam jangka waktu yang lama karpet bisa menimbulkan bau yang mengganggu. Jika sabun tidak menghilangkan bau pada karpet, anda dapat menggunakan bedak bayi secukupnya. Bedak bayi ini dapat menetralkan bau di karpet sehingga bau tak sedap ataupun bau yang mengganggu akan hilang.

Itu dia cara membersihkan karpet tanpa dicuci dengan air dan membersihkan karpet secara tuntas. Kini anda tidak perlu memanggil jasa cuci karpet, karena anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Untuk hasil maksimal dan karpet menjadi awet, anda dapat melakukan cara-cara di atas ini tiga bulan sekali.

Tetapi, jika anda ingin mencuci karpet kantor, anda bisa memanggil jasa cuci karpet, Toppers. Dikarenakan ukuran karpet kantor cenderung jauh lebih besar dari pada karpet untuk rumahan, karpet kantor juga biasanya lebih kotor karena menempel permanen pada bagian lantai.  

Artikel ini bekerjasama dengan : https://diracare.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.