Bagian terpenting dalam rumah adalah ruang tamu. Ruang tamu yang nyaman tentunya dapat menciptakan suasana rumah yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan perabotan yang akan diletakkan di ruang tamu. Salah satunya sofa.
Amati ukuran ruangan sebelum Anda ingin membeli sofa. Memilih sofa memang tidak mudah, apalagi jika ruang tamu Anda berukuran kecil.Karena jika salah memilih ukuran sofa, ruang tamu yang kecil akan terasa lebih sempit karena penuh dengan sofa. Untuk Anda yang sedang berencana membeli sofa untuk ruang tamu yang berukuran kecil, berikut beberapa cara yang perlu Anda perhatikan

1. Mengukur ruang tamu agar mudah milihan sofa
Tidak hanya sekedar memilih bahan ataupun model yang sesuai dengan selera, tetapi ukuran kursi tamu juga disesuaikan dengan ruangan. Untuk pengukuran, Anda bisa melakukan pengukuran dengan cara menghitung menggunakan pita pengukur untuk mengetahui angka pasti atau dengan cara menghitung keramik yang ada di dalam ruangan.

Secara umum, ukuran sofa di ruang tamu kecil tidak boleh melebihi 30 persen dari luas ruangan. Apalagi, jika terdapat banyak sekat yang menggabungkan ruang tamu dengan ruangan lainnya.

2. Menerapkan konsep minimalis
Selain digunakan sebagai tempat duduk, sofa juga sangat berperan sebagai dekorasi ruangan. Oleh karena itu, sofa yang kita pilih berpengaruh pada suasana di ruang tamu.
Anda dapat menerapkan konsep minimalis dengan pemilihan barang interior yang tidak begitu banyak agar ruangan tetap terasa luas.

3. Memberi jalan
Jika ruang tamu berukuran sangat kecil, Anda harus memperkirakan untuk memberikan ruang agar orang dapat bergerak di dalam ruang tamu. Jika tidak, tamu maupun anggota keluarga tidak dapat mengakses ruang tamu dengan leluasa.

4. Hindari penggunaan sofa dengan bentuk bulat
Untuk ruang tamu yang kecil, sebaiknya gunakan sofa yang sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak terlihat sempit. Salah satunya menghindari penggunaan sofa berbentuk melingkar atau bulat karena akan memakan banyak tempat.
Cara alternatifnya adalah dengan mengaplikasikan sofa memanjang berbentuk L di sudut ruang tamu. Sofa berbentuk L cocok untuk ruang tamu kecil karena dapat menciptakan ilusi ruang sehingga terlihat lebih luas.Sofa ini dapat memberikan kesan terbuka di ruang tamu, sehingga membuat ruangan menjadi lebih luas. Kemudian, Anda juga dapat menambahkan meja berukuran kecil pada bagian depannya.

5. Sofa multifungsi dengan wadah penyimpanan
Layaknya rak, sofa juga bisa menjadi tempat penyimpanan, model sofa ini cocok untuk ruang tamu dengan ukuran kecil kecil sebagai solusi penyimpanan agar ruangan tidak terkesan sempit dengan banyak perabot.

Metode ini juga menghemat tempat serta biaya untuk keperluan yang lebih bermanfaat.
Penggunaan laci penyimpanan juga sangat berguna untuk melindungi benda-benda di dalam sofa dari kotoran dan debu. Anda juga lebih mudah untuk mengelompokkan atau mencari benda yang Anda miliki.

6. Sofa untuk ruang tamu kecil dengan warna lembut
Ketika Anda mencari sofa untuk ruang tamu berukuran kecil, pilihlah sofa dengan warna netral dan lembut seperti warna abu-abu muda, krem atau putih untuk menciptakan suasana lebih lapang dan tenang di ruangan yang luasnya terbatas.
Hindari menggunakan sofa berwarna terlalu terang atau terlalu gelap di ruang tamu kecil karena akan membuat ruangan terasa pengap. Tidak hanya dari segi warna, sofa polos lebih direkomendasikan untuk ruang tamu kecil dibandingkan sofa bermotif. Sofa yang polos akan bikin suasana ruangan yang sempit menjadi terasa lebih lebar dan luas, sedangkan sofa yang memiliki motif kompleks akan menciptakan suasana  ruang yang semakin penuh serta sempit.

7. Kerangka yang kokoh
Meskipun sofa yang digunakan berukuran kecil, Anda tetap harus memperhatikan kerangka dari sofa yang digunakkan. Umumnya, terdapat dua jenis kerangka atau struktur, yaitu kayu dan besi.
Untuk kekuatan penyangga yang lebih tahan lama, sebaiknya menggunakan material kayu karena lebih kokoh. Anda harus menghindari penggunaan lem serta baut untuk menyatukan kedua sisi kayu.

Itulah 7 cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil yang bisa Anda terapkan di rumah agar terasa nyaman, jika anda memiliki sofa lama yang ingin tampil baru, gunakan jasa cuci sofa pontianak . Semoga bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.