Menyetrika merupakan rutinitas harian yang biasanya dilakukan dirumah, namun sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Padahal menyetrika baju harus disesuaikan dengan jenis kain dari baju tersebut. Tentunya dengan teknik menyetrika yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kain yang digunakan.  Dengan tekhnik menyetrika pakaian yang berbeda tentunya akan membuat pakaian rapi lebih lama, cepat halus, menghemat waktu, dan tenaga.

Jika kamu akan menyetrika dirumah maka perlu menyiapkan peralatan sederhana yang dapat digunakan dalam menyetrika:

Pilihlah setrika yang memiliki tapak padat, halus, bersih, dan terbuat dari bahan berkualitas seperti baja, titanium, ataupun besi barcampur aluminium. Jika kamu menggunakan setrika uap maka pastikan memiliki sirkulasi uap yang efektif, jika tidak punya kamu juga dapat menggunakan setrika biasa.

Untuk menyetrika baju, gunakan papan setrika yang kuat, menutup, dan memiliki bantalan yang bagus. Pilihlah meja setrika yang sesuai dengan ketinggian pinggang supaya nyaman saat digunakan. 

Untuk kamu yang menyetrika menggunakan setrika biasa mungkin perlu membasahi baju sebelum disetrika. Supaya prosesnya menjadi lebih mudah maka kamu dapat menyemprotkan pelican pakaian menggunakan botol spray. 

Handuk perlu digunakan untuk tambahan alas setrika, selain itu handuk juga dapat digunakan untuk menyerap air pray yang berlebihan ketika disemprotkan. Penggunaan handuk juga bertujuan supaya lebih mudah dalam menyetrika sehingga baju tidak tergeser-geser. 

Gantungan baju diperlukan untuk mengantung baju, sehabis disetrika. Cara ini dapat membantu mengurangi lipatan yang timbul pada permukaan pakaian. 

Berikut ini tips menyetrika sesuai dengan jenis kain yang dapat kamu lakukan dirumahmu secara mudah:

Bahan pakaian yang terbuat dari katun dan linen memiliki tingkat kekusutan yang tinggi. Hal ini kadang membuat kita kesal karena akan susah halus dan memerlukan waktu yang lama. 

 

Tips Menyetrika Berbagai Macam Kain

Percikan air ke permukaan pakaian berbahan katun kemudian gulung selama satu jam, kemudian setrika dengan arah serat kain. Untuk baju yang memiliki banyak payet, gunakan alas handuk dan gosok secara perlahan dan hati-hati. Kemudian untuk jenis pakaian yang memiliki lipatan, taruhlah jepit di tiap lipatan kemudian gosok lipatan tersebut. 

Kain damask adalah kain yang biasa digunakan sebagai perlengkapan rumah tangga maupun digunakan sebagai taplak meja. Untuk menyetrika kain damask kamu cukup menyetrika bagian depan saja, karena hal ini akan membuat kain tampak berkilau.

kain bludru

Kain beludru merupakan kain yang memiliki permukaan kain yang memiliki permukaan berbulu halus sama rata. Gosoklah kain ini pada bagian dalam supaya bulu-bulu dari kain ini tetap terjaga. Ketika mencuci kain ini, keringkanlah menggunakan mesin pengering atau cukup diangin anginkan saja. Dan usahakan kain tersebut kering dengan sendirinya. Kain ini  biasa juga digunakan untuk pembuatan karpet, jika anda tidak ingin repot gunakan jasa cuci karpet makassar untuk hasil yang lebih maksimal

Kain sutra merupakan kain alam yang memiliki harga lumayan tinggi karena penampilanya yang mewah, namun kain ini mudah robek dan terkena noda. Bahkan untuk menjaga kain ini banyak yang menggunakan jasa professional untuk mencucinya. Namun kini kamu dapat menyetrika kain sutramu sendiri dirumah dengan aman dan tetap terjaga. 

Atur suhu setrika pada suhu paling rendah dan jangan sampai lupa untuk membalik kain sebelum disetrika. Sisi dalam merupakan sisi yang tidak berkilau, jangan menyetrika di sisi yang sama setrikalah di semua sisi. Ketika sudah menyetrika kain sutra kemudian gantung dan jangan dilipat, karena akan meningalkan lipatan pada pakaianmu.

Bahan polyster merupakan bahan yang terbuat dari biji plastik olahan bumi, sehingga bahan ini tidak tahan dengan panas. Gunakan suhu rendah ketika kamu akan menyetrika pakaian dengan bahan polyester dan jangan lupa untuk menggunakan alas saat menyetrika.

Bahan denim adalah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat celana jeans yang terbuat dari kain katun bertekstur kasar. Tentunya ada tips tersendiri dalam menyetrika bahan denim yang satu ini. Ketika menyetrika bahan ini gunakan suhu sekitar 60 derajat celcius, karena jika suhu terlalu panas akan merusak serat kain, gosok dibagian dalam. Hindari menyetrika bahan denim jika lembab dan basah karena akan memancing munculnya jamur sehingga bahan cepat lapuk. 

Demikian pembahasan mengenai tips menyetrika sesuai dengan jenis kain, semoga bermanfaat. 

Baca Juga : Info Kesehatan : Cara Merawat Karpet Vinyl Agar Tetap Awet & Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.