Nutriction adalah salah satu program kerja terbesar yang dilaksanakan oleh bidang Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) HIMAGIKA FK-KMK UGM. Nutriction sendiri merupakan pekan kesehatan bertema gizi kesehatan yang dilaksanakan di sebuah desa. Program ini merupakan wujud nyata dari mahasiswa Gizi Kesehatan FK-KMK UGM untuk mengabdi kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan yang menjadi panitia Nutriction bukan hanya anggota bidang Pengabmas, melainkan bisa dari mahasiswa Gizi Kesehatan angkatan 2016 dan 2017. Mahasiswa dapat memberikan sedikit ilmunya kepada masyarakat dan juga mendapatkan pengalaman berinteraksi pada masyarakat yang berguna untuk profesi masa depan. Desa dan tema acara Nutriction pun berbeda setiap tahunnya. Biasanya desa yang menjadi sasaran yaitu desa yang sedang membutuhkan akan pengetahuan tentang pentingnya Gizi Kesehatan.

Pada tahun 2018 ini, Nutriction dilaksanakan satu hari, yaitu pada hari Minggu, tanggal 23 September 2018. Desa yang terpilih yaitu Desa Sejati Desa, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Tema yang diusung adalah  “1000 Hari Pertama Kehidupan” atau disingkat “1000 HPK”. Dipilihnya tema ini karena sejalan dengan program pemerintah dan berdasarkan kondisi warga Sejati Desa yang sedang banyak ibu hamil dan menyusui serta jumlah anak yang relatif banyak.

Nutriction memiliki berbagai macam  acara. Rangkaian acaranya dilakukan pada pagi, sekitar pukul 06:30 hingga pukul 14:00 WIB. Hampir seluruh kegiatan dilakukan pagi hari, seperti : senam, lomba masak, pembagian selingan bubur kacang hijau gratis, lomba balita sehat, lomba anak-anak, penyuluhan 1000 HPK, pelayanan kesehatan, dan presentasi serta penilaian lomba masak. Sedangkan siang hari diisi dengan pembagian doorprize dan hadiah lomba anak, sembako murah, serta  pengumuman lomba balita sehat dan lomba masak.

Senam diikuti oleh seluruh warga yang dipandu oleh seorang instruktur senam. Lomba masak adalah lomba antar RT yang dilakukan di rumah masing-masing peserta. Bahan utama yang digunakan adalah jagung yang dapat diolah sesuai kreasi peserta. Masakan akan dinilai berdasarkan rasa, tampilan, nilai gizi, dan presentasi. Pembagian selingan bubur kacang hijau sebagai sarapan setelah membakar kalori saat senam. Lomba balita bertujuan untuk mengukur tumbuh kembang balita. Yang dinilai meliputi 1) kognitifnya apakah respon balita sesuai dengan chart atau tidak, 2) kesehatan gigi, dan 3) berat badan serta tinggi badan balita sesuai atau tidak.  Lomba anak yang dilombakan adalah lomba-lomba 17an seperti sprint bendera, meggiring bola dengan terong, dan oper karet (Nutriction 2017). Pelayanan kesehatan dilaksanakan di rumah bapak dukuh dan warga yang menjadi target yaitu lansia. Pelayanan kesehatannya berupa pengecekkan tinggi badan, berat badan, cek kolesterol, cek glukosa, cek asam urat, dan konsultasi gizi. Penyuluhan 1000 HPK bertujuan untuk memberi informasi kepada warga akan pentingnya golden age agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Sembako murah yaitu kegiatan jual beli sembako dari panitia dengan harga yang murah kepada warga. Tujuan dari sembako murah ini untuk membantu waraga yang kurang mampu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.