Tahukah kalian tentang daun stevia? Apasih sebenarnya daun stevia itu? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Stevia atau Stevia rebaudiana (Bertoni) merupakan jenis tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan yang berbatasan dengan Paraguay, Argentina, dan Brazil (International Stevia Council, n.d.).

Daun stevia mengandung zero-calorie ent-kauren diterpen glikosida (steviosida dan rebaudiosida). Stevia dapat digunakan untuk menormalisasi tekanan darah dan meregulasi denyut jantung. Pada manusia, ekstrak air panas daun stevia dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik. Stevia membantu mengontrol tekanan darah dengan merelaksasi dinding otot arteri, dimana kontraksi otot arteri dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan dengan aksi diuretik (meningkatkan laju aliran urin). Sebuah penelitian oleh Sharma dan Mogre (2007) pada 20 wanita hiperkolesterol yang mengonsumsi 20ml ekstrak stevia menunjukkan bahwa ekstrak stevia dapat menurunkan LDL dan meningkatkan HDL sehingga bisa dikatakan bahwa ekstrak stevia memiliki efek hipolipidemik.

Asupan harian steviol glikosida yang disarankan oleh FAO/WHO Expert Committee on Food Additives (JECFA) yaitu 4mg/kg berat badan.

 

Gupta, Ena et al. “Nutritional and therapeutic values of Stevia rebaudiana: A review.” Journal of Medical and Plants Resouces 7 No.46 (2013) : 3343-3353.

International Stevia Council. “All about Stevia.” Accessed November 17, 2017.http://www.internationalsteviacouncil.org/fileadmin/media/About_Stevia/stevia_6pp__1_.pdf.

#nutrizone

Bidang Pendidikan
Kabinet Bimasakti
HIMAGIKA FK UGM 2016/2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.