Menjadi seorang mahasiswa, sudah saatnya untuk lebih mempersiapkan diri demi tantangan kehidupan yang keras ketika dewasa nantinya. Tidak hanya sekedar belajar dan berorganisasi, mahasiswa perlu untuk lebih mengetahui ranah kerja dari bidang yang telah ia pelajari hingga mendapatkan gelar sarjana. Memilih beragam jenis perusahaan maupun instansi yang jumlahnya ribuan di Indonesia sebagai langkah lanjut dari kehidupan untuk mencari penghasilan merupakan suatu yang tidak mudah. Perlu dilakukan sebuah survey terlebih dahulu atau mudahnya mahasiswa dapat melakukan kunjungan langsung ke perusahaan tersebut. Maka dari itu, HIMAGIKA FK UGM kembali mengadakan Visitasi Stakeholder 2017.

HIMAGIKA FK UGM tiap tahunnya selalu memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengenal lebih lanjut perusahaan tempat mereka bekerja kelak. Harapannya, agar pengetahuan mahasiswa yang mengikuti Visitasi Stakeholder memahami bagaimana proses produksi dan manufaktur serta rekrutmen tenaga kerja yang ada di perusahaan tersebut. Visitasi Stakeholder tahun 2017 ini dilakukan dari┬átanggal 24-29 Juli 2017 dengan rute Semarang – Surabaya – Bali. Visitasi Stakeholder yang mana merupakan progam kerja dari bidang Hublu-Infokom ini menyarasar beberapa perusahaan ternama, antara lain PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Nippon Indosari, PT Campina Ice Cream, PT Sinar Sosro, dan Aerofood Catering Service.

Acara selanjutnya dilakukan dengan kunjungan ke PT Indofood CBP Sukses Makmur di Semarang sebagai salah satu Industri FMCG dengan pabrik yang sudah tersebar banyak di wilayah Indonesia.

Masih dalam posisi di Semarang, peserta diajak untuk berkeliling di PT Nippon Indosari atau yang lebih dikenal dengan produknya yaitu Sari Roti. Para peserta mendapatkan banyak pengetahuan dan kenang-kenangan dari setiap perusahaan sehingga tidak melunturkan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Dalam Visitasi Stakeholder 2017 ini dibantu oleh Event Organizer yang sudah amat berpengalaman yaitu Panembahan Tour, sehingga trip bisa berjalan dengan lancar.

Kedatangan peserta Visitasi Stakeholder di Pabrik PT Campina Ice Cream di Surabaya ini disambut dengan hangat oleh staff yang ada. Kunjungan di pabrik salah satu merk es krim dengan jaringan distribusi terluas di Indonesia ini diikuti oleh 45 mahasiswa Gizi Kesehatan FK UGM dengan sangat antusias. Peserta diajak untuk berkeliling dari beragam ruangan produksi dan ruang penyimpanan dengan suhu yang sangat dingin. Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan pengetahun peserta, ada pula staff dari PT Campina Ice yang turut menjelaskan bagan produksi satu per satu.

 

Setelah berkunjung ke Semarang dan Surabaya, sekarang saatnya bagi peserta Visitasi Stakeholder 2017 untuk menginjakkan kaki di Pulau Bali. Kunjungan kali ini berlanjut ke Pabrik PT Sinar Sosro. Sama bermanfaatnya dengan kunjungan sebelumnya, kali ini peserta lebih paham bahwa Teh Botol Sosro dalam proses produksinya amat mengutamakan Higiene dan Sanitasi Produksi sehingga produk bisa tahan lama meski tanpa menggunakan pengawet. Peserta tidak lupa diajak untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

 

Tidak berhenti sampai disitu, perusahaan terakhir yang dikunjungi yaitu Aerofood Catering Service milik dari Garuda Indonesia. Peserta diajak untuk berkeliling ke dapur produksi makanan yang akan didistribusikan hingga turun ke tangan konsumen yang merupakan penumpang pesawat terbang. Peserta dijelaskan mengenai teknologi pengolahan dan penyimpanan makanan sehingga makanan bisa tetap dalam kondisi baik dan enak.

 

Acara ditutup dengan kunjungan ke toko oleh-oleh dan cinderamata khas Bali. Acara ini sangat berperan untuk mengetahui lebih banyak mengenai peran ahli gizi di perusahaan dan untuk mengetahui lebih lanjut produk-produk perusahaan tersebut. Acara berjalan lancar, faedah dan penuh keceriaan dari awal hingga akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.