Teh hijau adalah salah satu bahan pangan yang dapat menjaga tubuh dari kelebihan berat badan. Rahasia utama teh hijau dapat menurunkan berat badan terletak pada tiga komponen/bahan utamanya, yaitu epigallocatechin gallate (EGCG), Ltheanine, dan Caffein.

EGCG yaitu antioksidan yang dapat menstimulasi gelombang otak neurotransmitter dan metabolisme tubuh yang dapat meningkatkan energi dan menurunkan nafsu atau selera makan. EGCG juga dapat meningkatkan konsumsi oksigen dan oksidasi lemak yang akan membantu menurunkan berat badan. L-theanine juga dapat mempengaruhi neurotransmitter pada otak yang dapat mempengaruhi tingkat dopamin dan serotonin yang mengirim sinyal untuk mengurangi nafsu atau selera makan.

Senyawa dari teh hijau yaitu kombinasi caffein dan catechin, bisa mempercepat metabolisme selama 2 jam. Catechins ini akan memicu penurunan berat badan dengan cara membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Studi riset membuktikan bahwa setelah minum teh hijau dua kali sehari, dapat membakar 50 kalori ekstra per hari.

Sumber
Rahmanisa, Soraya dan Wulandari. 2016. Pengaruh Ekstrak Teh Hijau terhadap Penurunan Berat Badan pada Remaja. Majority Vol.5 No. 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.