Pendahuluan

Musyawarah Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI) IX tahun 2017 ini telah berhasil diselenggarakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Kegiatan ini diselenggarakan di Salatiga 20 – 23 April 2017, lokasi tepatnya berada di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Bina Dharma yang diikuti oleh 24 himpunan mahasiswa gizi dan delegasi universitas se-Indonesia.  Selain Musyawarah Nasional, diselenggarakan juga Seminar Nasional yang mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Kekayaan Mahasiswa Gizi”.

Hari 1
Kamis, 20 April 2017

Sesuai susunan acara, peserta disambut dengan acara pembukaan seperti Paduan SUara Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana dan tarian jawa. Acara kemudian dilanjut dengan sambutan dari berbagai pihak yang turut mensukseskan acara Musyawarah Nasional ILMAGI 2017, yaitu

 Selesai serangkaian acara sambutan, kemudian dilakukan penyambutan mahasiswa gizi delegasi dari 24 universitas, pemilihan presidium tetap, serta dilanjutkan pembacaan dan pembahasan tata tertib sidang. Terpilih 3 presidium untuk Musyawarah Nasional ILMAGI 2017 yaitu :

Penyambutan mahasiswa gizi delegasi dengan menyematkan pin MUNAS ILMAGI IX pada almamater universitas masing – masing. Pemberian sambutan dilakukan oleh Ketua Panitia,

Hari 2
Jumat, 21 April 2017

Peserta diajak berkunjung ke Industri Susu Segar Nasional di Salatiga. Peserta diberikan penjelasan materi mengenai asal usul terbentuknya industri, produk yang dihasilkan, tata cara pengolahan, dan teknik pemasarannya. Peserta juga diajak berkeliling pabrik susu pada proses pengolahan susu, proses pengemasan susu, dan limbah pengolahannya. Menurut pemaparan Pak Ali sebagai pemateri, jenis susu yang diproduksi ialah susu pasteurisasi yang tidak memiliki jangka simpan yang lama maka dari itu distribusi dari produk susu ini baru disekitar pulau jawa saja. Di akhir acara kunjungan industri, peserta diberikan susu gratis untuk diminum bersama.

 

Selanjutnya, peserta kembali ke Wisma Bina Darma untuk melanjutkan agenda yaitu Seminar Nasional Gizi yang bertema “Optimalisasi Potensi Kekayaan Mahasiswa Gizi”. Pembicara yang sangat berkompeten yaitu Dr Agus Prastowo, SSt, M.Kes, RD dan Sri Budi Harti, S.Gz, RD.

Dalam seminar, Pak Agus mengatakan, standar pelayanan, standar pendidikan, dan standar kompetensi merupakan kesatuan yang harus dimiliki dalam pengembangan pendidikan tenaga kesehatan dengan harapan ahli gizi Indonesia bisa setara dengan ahli gizi internasional. Beliau juga membahas mengenai bahwasanya ahli gizi tidak hanya memahami tentang food servings and dietetic tetapi juga paham mengenai pengolahan serta bahan dan alat yang digunakan. Kini, tiap klinik tingkat 1 hingga rumah sakit harus ada tenaga ahli gizi didalamnya menurut ketentuan menteri kesehatan, ujar Dr. Agus Prastowo, SSt, M.Kes, RD. Sri Budi Harti, S.Gz, RD lebih menekankan pada prospek kerja jurusan ilmu gizi agar nanti setelah mahasiswa jurusan gizi telah usai urusan akademik, mereka akan tau potensi diri akan lebih condong untuk bekerja dilingkungan seperti apa.

Hari 3
Sabtu, 22 April 2017

Peserta memasuki acara inti yaitu presentasi laporan  pertanggungjawaban program kerja yang telah dilakukan selama 1 tahun oleh tiap departemen, badan pengurus inti,  dan dewan pertimbangan agung, pembacaan dan pembahasan AD/ART, pembahasan PTO GBHO, dan pemaparan universitas yang akan bergabung ke dalam keluarga ILMAGI.

STIKES Holistik Purwakarta melakukan pemaparan tentang motivasi dan mendeskripsikan mengenai himpunan mahasiswanya, tepat di hari ini juga setelah pemaparan tersebut dan ada diskusi forum, STIKES Holistik Purwakarta telah resmi menjadi bagian dari keluarga ILMAGI.

Acara yang paling puncak dari MUNAS ILMAGI IX yaitu pemilihan DPA yang terdiri atas 6 orang kandidat dan pemilihan Sekjen yang terdiri atas 1 orang kandidat. Diawali dengan proses pemilihan DPA, dimana calon DPA memaparkan motivasinya, menjawab pertanyaan dari KOMSUS dan peserta MUNAS, hingga pada akhirnya calon DPA dijauhkan sehingga peserta dapat melakukan diskusi forum untuk menentukan DPA 2017/2018. Akhirnya setelah mengalami diskusi yang panjang, terpilihlah DPA ILMAGI 2017/2018 yaitu , sebagai berikut :

Kegiatan selanjutnya yaitu pemilihan Sekretaris Jenderal ILMAGI dengan 1 kandidat yaitu Duena Firsta Sridiasti A dari Universitas Diponegoro. Setelah melewati serangkaian proses dan persetujuan forum, akhirnya terpilihlah Sekretaris Jendral ILMAGI 2017/2018 yaitu Duena Firsta Sridiasti A dari Universitas Diponegoro.

Hari 4
Minggu, 23 April 2017

Berakhir di penghujung rangkaian acara MUNAS ILMAGI IX di Salatiga pada Minggu, 23 April diisi dengan pengumuman best staff dari tiap departemen, best departement yaitu PSDM, dan best regional yaitu UEU(wilayah 1), UGM(wilayah 2), dan UB(wilayah 3). ILMAGI juga memiliki Badan Semi Otonom(BSO) yaitu BIMGI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Gizi) yang memaparkan dan mensosialisasikan mengenai BSO ini. Pihak panitia MUNAS IX ILMAGI dari UKSW memberikan kenang-kenangan kepada anggota ILMAGI yang hadir pada event nasional tersebut. Adanya closing ceremony menandakan bahwa susunan acara MUNAS IX ILMAGI telah usai.

 

 

Dini Triwahyuni
MBM 2016/2017
Pendidikan Profesi ILMAGI 2016/2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.