Sebagai mahasiswa kesehatan, sudah sepatutnya untuk bisa mendistribusikan dan mempraktekkan ilmunya sejak dini demi membantu terwujudnya Indonesia sehat. Namun, sering kali ilmu yang diperoleh dari dunia perkuliahan belum praktis untuk bisa langsung diterapkan di masyarakat. Melalui Bidang Pengabdian Masyarakat (Pengabmas), HIMAGIKA FK UGM mengajak seluruh mahasiswa Gizi Kesehatan untuk berpartisipasi dalam agenda kegiatan Diklat NF. NF merupakan kepanjangan dari NutriForce, yang memiliki peranan sebagai tenaga kesehatan yang membantu dalam kelancaran program Pelayanan Kesehatan yang rutin diadakan di Grha Sabha Pramana Sayap Barat setiap Sabtu pagi.

Diklat NF pada tahun ini dilaksanakan pada awal Maret 2017 dan berlangsung selama seminggu di Gedung Gizi Kesehatan FK UGM. Pembicara yang hadir pada Diklat NF ini antara lain Dr. Susetyowati, DCN, M.Kes., RD yang membawakan materi Penyakit Degeneratif, kemudian ada Rio Jati Kusuma, S.Gz., M.Sc. yang membawakan materi Sindroma Metabolik, Rasita Amelia, S.Gz yang membawakan materi Komunikasi, Konsultasi, dan Penyuluhan Masyarakat, dan Aviria Ermamilia, M.Gizi., RD dengan materi Pedoman Gizi Seimbang dan Higenitas.

Pendidikan dan Pelatihan ini sekaligus sebagai rangkaian seleksi dari NutriForce. Mahasiswa yang telah terpilih, maka berhak untuk datang dan melakukan pemeriksaan maupun pelayanan, mulai dari pengukuran tinggi tubuh, berat tubuh, indeks masa tubuh (IMT), glukosa darah, kolesterol, asam urat, serta tekanan darah. Harapannya, agar mahasiswa gizi bisa lebih aplikatif dalam menggunakan ilmunya serta berguna bagi masyarakat di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.