Himpunan Mahasiswa Gizi Kesehatan atau sering disingkat dengan nama HIMAGIKA merupakan salah satu himpunan mahasiswa jurusan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM yang merupakan wadah bagi mahasiswa Gizi Kesehatan untuk menyalurkan asprasi dan mengembangkan bakat serta kemampuan yang dimiliki dalam berbagai  bidang. Tak hanya itu, HIMAGIKA juga merupakan sarana bagi mahasiswa Gizi Kesehatan UGM untuk menumbuhkembangkan jiwa sosial dalam mengabdi pada masyarakat.

HIMAGIKA sendiri pertama kali terbentuk pada tanggal 13 Maret tahun 2003. Untuk itu pada tanggal 17 Maret 2018 HIMAGIKA mengadakan acara perayaan ulang tahun yang diberi nama HUT HIMAGIKA ke-14 Tawa Kawan (Tanggap Warsa Kaping Kawan Welas). Perayaan HUT HIMAGIKA ini terdiri atas tiga rangkaian acara utama yaitu berupa jalan sehat, social project, dan lomba-lomba yang diadakan selama satu hari. Mahasiswa Gizi Kesehatan UGM dari angkatan 2014 hingga 2017 serta beberapa alumni, dan tak ketinggalan para staf Gizi Kesehatan UGM ikut memeriahkan kegiatan ini dengan menjadi peserta maupun sebagai juri lomba.

Hari Ulang Tahun HIMAGIKA atau HUT HIMAGIKA diawali dengan acara jalan sehat yang dimulai pukul 07.00 yang diikuti pembagian sarapan gratis berupa nasi kuning dan jus jambu bagi masyarakat di sekitar UGM yang di temui ketika berjalan. Rute jalan sehat yang dilewati yaitu dari gedung gizi FK-KMK UGM – jalan Medika – jalan Bhineka Tunggal Ika (GSP) – jalan Prof. Dr. Drs. Notonegoro – jalan Colombo – jalan Terban – jalan Cemara – jalan Podocarpus – jalan Kesehatan (daerah RSUP dr. Sardjito). Setelah melaksanakan jalan sehat dan pembagian sarapan gratis, peserta jalan sehat kembali ke halaman gedung gizi. Mereka dapat beristirahat sambil menikmati snack yang sudah disiapkan. Kemudian acara dimulai dengan sambutan mulai dari ketua HIMAGIKA, ketua BEM FK-KMK UGM, dosen Gizi Kesehatan UGM, dan tentunya dosen Pembina HIMAGIKA. Seperti perayaan ulang tahun pada umumnya, pada acara HUT HIMAGIKA ke-14 ini juga dilakukan pemotongan tumpeng dan doa bersama yang dipimpin oleh dosen pembina HIMAGIKA yaitu Bapak Rio Jati. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan lomba-lomba antara lain running games yang terdiri dari lomba truk gandeng balap, jembatan koransusun karet, dan kuis seputar gizi, lomba merebut hati, dan sandwichcreation. Lomba-lomba ini dirancang oleh divisi Minat dan Bakat Mahasiswa HIMAGIKA dan diikuti oleh peserta lomba yang merupakan mahasiswa Gizi Kesehatan UGM dari angkatan 2014 hingga 2017.

Setelah semua kegiatan lomba berakhir, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan nuansa angkringan Jogja yang juga ditemani oleh penampilan dari band mahasiswa Gizi Kesehatan dan juga band eksternal bernama “Ramai & Senang”. Di akhir acara terdapat penyerahan penghargaan untuk Kamaratih dan Kamajaya dengan penyerahan blangkon untuk Kamajaya dan jarik untuk Kamaratih juga selempang bertuliskan Kamajaya dan Kamaratih. Tidak lupa diumumkan juga para pemenang lomba-lomba dan penyerahan hadiah bagi para pemenang. Acara HUT HIMAGIKA Tawa Kawan ini berakhir pada pukul 15.00.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.